Pixabay

Tekfinasia.com – Emas dan dolar diyakini sebagai pilihan investasi yang menarik. Kedua jenis investasi tersebut dinilai minim risiko dan bisa memberikan imbal hasil yang menguntungkan di masa depan. Itu kenapa banyak orang yang tertarik untuk membahasnya. Admin pun pernah diminta untuk menuliskan hal ini di salah satu blog keuangan.

Yep! Emas dan dolar memang memiliki peluang kenaikan yang cukup menjanjikan dibanding hanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Tapi, kalau ditanya investasi emas atau dolar yang lebih menguntungkan? Kita tentu tidak dapat menjawab begitu saja pertanyaan di atas, karena emas dan dolar memiliki nilai masing-masing. Hal ini tentu saja tergantung dari kebutuhan Anda.

Di sisi lain, setiap jenis investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Tidak terkecuali untuk investasi emas dan dolar. Jadi, untuk mengetahui apakah investasi emas lebih menguntungkan daripada dolar, atau sebaliknya, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis investasi tersebut.


• Investasi Emas

Image by Steve Bidmead

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan investasi jangka panjang dan memiliki dana yang cukup, investasi dalam bentuk emas memang menjadi salah satu pilihan yang cocok. Mengapa?

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan investasi jangka panjang dan memiliki dana yang cukup, investasi dalam bentuk emas memang menjadi salah satu pilihan yang cocok. Mengapa?

Nilai emas cenderung naik

Inilah yang menjadikan investasi emas lebih menarik dibandingkan dolar. Apalagi jenis investasi ini sangat mudah dilakukan oleh siapa pun, bahkan untuk orang yang sangat awam sekalipun. Anda hanya perlu dana yang cukup, atau setara dengan harga emas di pasar, lalu pergi ke toko emas untuk mendapatkannya dan menjadikannya sebagai instrumen investasi Anda.

Mudah dicairkan

Ketika Anda memiliki keperluan mendesak, Anda bisa menjual kembali emas yang Anda miliki ataupun menggadaikannya. Dengan kata lain, Anda tidak perlu waktu lama untuk menunggu waktu pencairan dana.

Harga stabil

Berbeda dengan tabungan ataupun deposito yang nilainya kemungkinan besar tergerus inflasi, investasi emas tercatat lebih stabil dan aman, bahkan pada saat rupiah naik turun. Harganya pun mengikuti harga yang berlaku di dunia dan tidak terpengaruh oleh kebijakan ataupun politisasi yang dilakukan oleh pihak manapun.

Potensi harga turun sangat kecil

Harga emas memang sewaktu-waktu bisa mengalami koreksi, dan bahkan jatuh saat rupiah melemah terhadap dolar. Tapi, meskipun mungkin terjadi koreksi, harga emas bisa melonjak pada tahun-tahun berikutnya. Terlebih ketika daya beli masyarakat mengalami peningkatan, harga emas juga bisa terkerek naik.

Bisa dijadikan jaminan

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain menjualnya, Anda juga bisa menjadikan emas sebagai jaminan di bank-bank ataupun pegadaian saat Anda membutuhkan dana pinjaman. Apalagi jika nilai emasnya sangat besar, atau yang termasuk logam mulia. Anda bisa memperoleh dana dengan jaminan emas tersebut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di instansi tersebut.

Itulah beberapa kelebihan jika Anda berinvestasi dalam bentuk emas. Nah, agar Anda tidak tertipu membeli emas palsu, belilah emas dari penjual resminya, seperti Antam, yang tentunya bersertifikat asli.

Investasi Dolar

Ya, selain investasi emas, investasi dolar juga mudah dilakukan. Anda bisa memulainya dengan membuat tabungan dolar melalui perusahaan perbankan atau melalui produk investasi berdenominasi dolar yang Anda pilih. Berikut kelebihan berinvestasi dalam bentuk dolar yang bisa Anda dapatkan:

Kurs dolar berpotensi mengalami penguatan

Nilai rupiah akan tertekan seiring terjadinya penguatan mata uang dolar. Dan ini terjadi setiap tahunnya. Pada saat itulah, Anda dapat menjual dolar yang Anda miliki untuk memperoleh keuntungan. Namun, tidak bisa diprediksi kapan dan berapa besar kenaikan harga dolar yang terjadi. Nilainya juga tidak terlalu signifikan, kecuali jika Anda memiliki jumlah dolar yang sangat banyak.

Sebagai mata uang global

Dibanding mata uang lainnya, dolar merupakan mata uang global yang digunakan dan diterima di beberapa negara. Mengingat, banyak negara yang menyimpan cadangan devisanya dalam bentuk dolar.

Mudah diperjualbelikan

Sekarang ini sudah banyak money changer yang menerima jual beli dolar. Ketika Anda membutuhkan dana, dan Anda mengantongi jumlah mata uang dolar yang cukup, Anda dapat menukarkannya di tempat-tempat penukaran uang asing yang terpercaya.

Dapat digunakan saat berpergian ke luar negeri

Ketika Anda ingin pergi ke luar negeri, baik untuk sekolah, berlibur, atau urusan bisnis, biaya yang harus dikeluarkan tentu akan terhitung sangat mahal jika nominalnya dalam bentuk rupiah. Berbeda kalau Anda sudah lebih dulu memiliki persiapan atau tabungan dolar. Selain tidak perlu repot menukarkannya, perjalanan Anda keluar negeri tentu akan lebih ringan dan menyenangkan.


Nah, dari beberapa poin di atas, Anda tentu dapat menarik kesimpulan, mana investasi yang lebih menguntungkan; apakah investasi emas atau dolar. Investasi emas bisa dibilang memang lebih menguntungkan jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang dan memperoleh imbal hasil yang terukur. Sementara investasi dolar, akan lebih menarik bagi Anda yang senang berspekulasi dan ingin mengambil keuntungan dalam jangka waktu yang pendek. (lia)

Copywriter & SEO enthusiast ~ Menggali informasi data dan fakta untuk berbagi. Karena data dan fakta adalah sebenar-benarnya informasi yang tidak bisa dikelabui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *