Tekfinasia.com – Layanan kredit online berbasis aplikasi kini menjadi salah satu layanan keuangan digital yang banyak dilirik masyarakat. Apalagi jika layanan keuangan digital tersebut dapat menawarkan biaya yang lebih murah dibanding layanan keuangan pada umumnya. Karena itu, hal ini pula yang menjadi perhatian beberapa penyelenggara layanan keuangan digital untuk menarik konsumen. Mereka berupaya untuk menciptakan produk keuangan digital, khususnya pinjaman (lending) dengan menekan biaya suku bunga yang ditawarkan.

Sebut saja, Kredivo. Penyelenggara layanan keuangan digital ini menerbitkan dua produk kredit terbarunya di musim pesta belanja dan liburan akhir tahun 2018. Kedua produk kredit terbaru tersebut dibagi dalam dua jenis, yaitu pinjaman tunai kredivo untuk jenis mini dan jumbo.

Pinjaman Tunai Kredivo

Melalui pinjaman tunai Kredivo yang termasuk jenis pinjaman mini, Anda dapat memperoleh pinjaman hingga Rp3.000.000, dengan tenor 30 hari. Sementara untuk pinjaman tunai Kredivo yang termasuk jenis pinjaman jumbo, akan memungkinkan Anda memperoleh dana pinjaman hingga Rp30.000.000 dengan tenor mencapai 6 bulan. Dan tentunya dengan proses yang sangat mudah dan cepat melalui aplikasi kredit online Kredivo yang dapat Anda unduh pada Google Play Store di smartphone maupun iPhone yang Anda pegang.

Dari aplikasi tersebut, Anda hanya tinggal memilih jumlah dan jangka waktu pinjaman, maka dana akan dicairkan secara instan melalui rekening bank Anda dalam waktu lebih kurang 10 menit. Tanpa memerlukan jaminan dan melewati proses yang berbelit-belit.

Suku bunga yang dikenakan untuk pinjaman tunai Kredivo ini pun dinilai lebih rendah dibanding perusahaan kredit online lainnya. Hanya sebesar 2,95% per bulan. Sementara beberapa penyedia pinjaman online mengenakan 1% per hari. Jelas, hal ini akan menjadi penawaran menarik bagi mereka yang membutuhkan dana di akhir tahun ini.

“Sejalan dengan filosofi kami untuk menciptakan produk terbaik bagi pelanggan, kami telah merancang produk pinjaman dengan biaya termurah di pasaran dan menyediakan pencairan dana instan yang hanya membutuhkan waktu 10 menit,” ungkap Adiska Haryadi, Head of Product untuk Pinjaman Tunai Kredivo.

Kredit Danamart

Selain Kredivo, layanan kredit online juga ditawarkan oleh Danamart. Perusahaan pinjam meminjam uang berbasis digital ini menyasar pelaku UKM dan UMKM melalui dua produk yang diterbitkannya. Kedua produk tersebut, yaitu pinjaman untuk pembayaran tagihan (invoice financing) dan pembayaran PO (purchase order financing).

Penyelenggara layanan keuangan digital yang resmi terdaftar di OJK pada 28 November 2018 ini menargetkan dapat menyalurkan kredit sebesar Rp100 miliar pada tahun 2019 untuk para pelaku UKM dan UMKM. Nilai pinjaman yang dapat diajukan oleh UKM dan UMKM pun terbilang cukup besar, yaitu sebesar Rp100 juta hingga Rp 2 miliar. Ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku UKM dan UMKM yang memerlukan tambahan modal usaha.

Hal yang Perlu Anda Cermati

Meski demikian, sebagai masyarakat pengguna layanan keuangan digital, Anda tidak perlu terburu-buru dan bersikap ceroboh untuk memperoleh kemudahan pinjaman. Ada banyak hal yang perlu yang Anda pertimbangkan dengan cermat dalam menyikapi kemajuan teknologi keuangan digital, antara lain:

  1. kredibilitas perusahaan kredit online,
  2. keamanan data pribadi (privacy data),
  3. proses pengajuan dan pengembalian dana pinjaman,
  4. ketentuan terkait jumlah pinjaman dan limit kredit,
  5. jangka waktu pengembalian, dan
  6. beban biaya suku bunga.

Jadi, pada saat akan mengajukan kredit online, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan keenam hal di atas. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. (Lia)

Copywriter & SEO enthusiast ~ Menggali informasi data dan fakta untuk berbagi. Karena data dan fakta adalah sebenar-benarnya informasi yang tidak bisa dikelabui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *