Tekfinasia.com – Saat menelusuri mesin pencari google, begitu banyak website yang membahas ataupun menawarkan pinjaman uang berbasis digital atau aplikasi. Dan hampir semuanya menawarkan kemudahan dengan proses pencairan dana yang cepat, mudah, dan tanpa jaminan.

Plafon pinjaman yang ditawarkan pun mulai dari kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Semua bisa kamu peroleh dengan hanya memainkan jari pada tuts keyboard komputer, laptop, ataupun telepon genggam. Nah, bagi kamu yang masih bingung mengenai platform aplikasi kredit online, kamu perlu tahu beberapa kelebihan dan kekurangan layanan keuangan ini. Berikut ulasannya:

1. Nggak perlu menunggu waktu lama

Karena prosesnya dilakukan secara online, pinjaman dana melalui platform aplikasi kredit online biasanya dapat diperoleh dalam hitungan hari, bahkan menit. Asalkan, akun yang kamu daftarkan sudah terverifikasi dan disetujui untuk memperoleh dana pinjaman. Berbeda dengan pinjaman yang dilakukan secara konvensional, paling tidak kamu harus menunggu waktu 2-5 hari untuk bisa membawa pulang dana pinjaman.

2. Dana langsung ditransfer

Ini juga menjadi poin yang menjadikan pinjaman dana yang dilakukan secara online ini menarik konsumen. Dana pinjaman yang diajukan akan langsung ditransfer ke rekening kamu, ketika pengajuan pinjaman tersebut telah diverifikasi atau diaudit oleh tim penyedia aplikasi pinjaman online dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan tidak lebih dari 1×24 jam.

3. Nggak perlu jaminan

Dengan semakin menjamurnya perusahaan penyedia pinjaman dana online tanpa jaminan, para penyedia layanan keuangan ini pun berusaha menawarkan layanan yang sangat mudah dan cepat. Selain tidak membutuhkan jaminan, beberapa platform kredit online juga tidak mempersyaratkan kamu harus memiliki slip gaji untuk dapat melakukan pinjaman.

4. Rahasia kamu terjamin

Ketika kamu melakukan pinjaman online, kamu tidak perlu melibatkan teman atau siapa pun untuk mengikuti prosesnya. Jadi, tidak ada seorang pun yang mengetahui, kecuali jika kamu menceritakannya.

Kamu hanya perlu memahami dengan baik ketentuan yang diberlakukan oleh pihak penyedia kredit online, mulai dari prosedur pengajuan, besarnya nilai pinjaman, suku bunga, dan tenor pinjaman. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir segala kemungkinan buruk yang terjadi di kemudian hari.  

5. Bisa diakses selama 24 jam

Nah, hal lain yang membuat sebagian orang tertarik menggunakan layanan kredit online adalah bisa diakses kapan pun dan di manapun. Tidak mengenal batas waktu dan tempat. Asalkan kamu memiliki media komunikasi, seperti komputer, laptop, ataupun telepon genggam yang terkoneksi dengan internet, kamu bisa mendapatkan layanan keuangan selama 24 jam.

Tetaplah Bijak dan Berhati-hati

Pixabay

Terlepas dari beberapa hal di atas, kamu juga tetap harus berhati-hati dan bijak dalam memanfaatkan layanan kredit online tersebut, ya. Sebab, beberapa kemungkinan ini bisa saja terjadi:

Penyalahgunaan data

Ini menjadi isu yang paling krusial dalam kegiatan transaksi berbasis digital. Karena pada saat kamu melakukan input data diri pada aplikasi atau situs kredit online, kamu telah men-share sejumlah informasi yang berkaitan dengan data diri kamu kepada pihak penyelenggara, sekaligus menyetujui segala ketentuannya. Dan tidak ada yang bisa menjamin sejauh mana kerahasiaan data kamu disimpan dalam sistem mereka.

Meski mungkin pihak otoritas telah mengeluarkan sejumlah aturan untuk memperketat pengawasan dan berupaya memberikan perlindungan kepada masyarakat, kamu juga tidak bisa mengetahui sejauh mana data kamu akan digunakan. Karena tidak menutup kemungkinan adanya “oknum” yang memanfaatkan data-data dalam sebuah sistem di perusahaan.

Bunga yang cukup tinggi

Suku bunga yang dikenakan biasanya akan dihitung berdasarkan besarnya pinjaman yang kamu ajukan dan lamanya waktu pengembalian. Belum lagi biaya lainnya, seperti biaya administrasi, biaya penagihan, biaya keterlambatan dan denda. Hal ini tentu harus juga kamu pertimbangkan. Jangan sampai pinjaman dana yang diharapkan dapat membantu kesulitan keuangan kamu justru membuat kamu lebih terpuruk.

Prosedur pengembalian dana

Bukan hanya soal prosedur pengajuan kredit online, kamu juga perlu mempelajari dan mengetahui secara jelas seperti apa mekanisme perhitungan dan proses pengembalian atau tagihan dana pinjaman. Karena biasanya, pihak penyedia pinjaman akan menggunakan jasa  collection atau yang lebih dikenal dengan debt collector. Khususnya, untuk pinjaman yang telah melebihi waktu jatuh tempo. Jangan sampai kamu terjebak pada proses dan prosedur yang berbelit.

Copywriter & SEO enthusiast ~ Menggali informasi data dan fakta untuk berbagi. Karena data dan fakta adalah sebenar-benarnya informasi yang tidak bisa dikelabui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *